2013年3月14日 . Kepribadian Bangsa Timur

14 Mar

Kepribadian Bangsa Timur

 

Francis L.K mengatakan: ilmu psikologi memang berasal dan timbul dalam masyarakat barat. Dimana konsep individu itu mengambil tempat yang amat penting, biasanyamenganalisis jiwa manusia dengan terlampau banyak menekan kepada pembatasan konsep individu sebagai kesatuan analisis tersendiri.

Beliau telah mengembangkan konsep bahwa dalam jiwa manusia terdapat 8 daerah yang seperti lingkaran lingkaran konsentris sekitar diri pribadi.

fiagram circle

nomor 7 dan nomor 6 disebut daerah tak sadar dan sub sadar. kedua lingkaran itu berada di dalam dari jiwa individu dan terdiri dari bahan pikiran gagasan yang terdesak ke dalam, sehingga tidak disadari lagi oleh individu yang bersangkutan.

nomor 5 disebut kesadaran yang tak dinyatakan (unexpressed conscious). sama seperti nmr 7 & 6 tetapi ini hanya tersimpan saja di dalam alam jiwanya sendiri.

nomor 4 disebut kesadaran yang dinyatakan (expressed conscious). sehingga menjadi keterbalikan dari nomor 5.

nomor 3 disebut lingkaran hubungan karib, mengandung konsepsi tentang orang-orang, binatang-binatang, atau benda-benda yang diajak bergaull ole suatu individu sebagai tempat berlindung dan tempat mencurahkan isi hati. contoh orang tua atau teman dekatnya.

nomor 2 disebut lingkungan hubungan bergun tidak algi ditandai oleh sikap kasih sayang, melainkan ditentukan oleh fungsi kegunaan orang / objek tersebut. misalnya bagi murid, maka guru termasuk dalam lingkaran nomor 2 ini.

nomor 1 disebut lingkaran hubungan jauh, terdiri dari sikap dan ikiran dalam alam jiwa manusia, berupa benda-benda, alat-alat, dan sebagainya  dalam kebudayaan dan masyarakat sendiri, tetapi jarang sekali mempunyai arti dan pengaruh langsung terhadap kehidupan sehari-hari.

nomor 0 disebut sebagai lingkaran dunia luar, hampir sama seperti nomor 1, bedanya terdiri dari pikiran-pikiran dan angapan-anggapan tentang orang dan hal yang terletak diluar masyarakat da negara indonesia, dan ditanggapi oleh individu bersangkutan dengan sikap masa bodoh.

Orang-orang serinng mendiskusikan kontras antara barat dan timur, timur lebih mementingkan kerohanian, mistik, pikiran perologis dan sejenisnya. sedangkan budaya barat lebih mementingkan kebendaan, pikiran logis, dab hubungan asas guna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: