2013年3月21日 Nilai-Nilai Dalam Prosa Fiksi

21 Mar

Nilai-Nilai Dalam Prosa Fiksi

 

Sebagai seni yang bertulang punggung cerita, mau tidak mau karya sastra (prosa fiksi) langsung atau tidak langsung membawakan moral, pesan, atau cerita. Adapun nilai-nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra antara lain:

  1. 1.       Prosa fiksi memberikan kesenangan.

Keistimewaan kesenangan yang diperoleh dari membaca fiksi adalah pembaca mendapatkan pengalaman sebagaimana mengalaminya sendiri peristiwa atau kejadian yang dikisahkan. Pembaca dapat mengembangkan imajinasi nya untuk mengenal daerah atau tempat yang asing. Pembaca juga dapat mengenal tokoh-tokoh yang tidak biasa atau asing.

  1. 2.       Prosa fiksi memberikan informasi.

Fiksi memberikan sejenis informasi yang tidak terdapat dalam ensiklopedi. Dalam noel sering kita dapat belajar dari sesuatu yang lebih daripada sejarah atau laporan jurnalistik tentang kehidupan masa kini, lalu, bahkan juga kehidupan yang asing sama sekali.

  1. 3.       Prosa fiksi memberikan warisan cultural.

Prosa fiksi dapat menstimuli imajinasi, dan meripakan sarana bagi pemindahan yang tak henti-hentinya dari warisan budaya bangsa.

  1. 4.       Prosa memberikan keseimbangan wawasan.

Lewat Prosa fiksi seseorang dapat menilai kehidupan berdasarkan pengalaman dengan banyak individu. Fiksi juga mungkin lebih banyak kesempatan untuk memilih respon-respon emosional atau rangsangan aksi yang mungkin sangat berbeda dari apda apa yang ada pada hidup sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: