Peran Warga Negara Dalam Mendukung Upaya Pemenuhan Kebutuhan Listrik Bangsa Indonesia

1 Mei

https://i2.wp.com/www.aceelectrical.net.au/wp-content/uploads/2012/01/Lightbulb-Custom-510x338.jpg

Berbicara soal Listrik, Listrik adalah Suatu energi yang dapat di konversikan ke berbagai macam Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel.

Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif. Listrik juga secara tidak langsung sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi setiap manusia. Lisrik menjadikan manusia menjadi ketergantungan akan keberadaanya, tidak dapat dipungkiri bahwa listrik merupakan tenaga yang dibutuhkan manusia dalam segala hal yang mendukung setiap aktivitas manusia. Jika Didunia ini tidak ada listrik pasti menjadi kesulitan Sulit dibayangkan seperti apa kehidupan ini tanpa adanya listrik, dapat dipastikan kita akan berada dizaman batu, tanpa adanya penemuan dari Michael Faraday tersebut. Hari ini, listrik telah menjadi urat nadi kehidupan, menerangi kota dan desa, menggerakan ekonomi hingga menjadi salah satu sumber energi yang menghasilkan banyak kemanfaatan bagi kehidupan umat manusia.

electricity

Energi Listrik dapat dikonversikan menjadi energi lain, Bagi beberapa jenis bahan akan menimbulkan efek yang khusus jika dialiri oleh arus listrik misalnya sebuah kawat pijar yang dialiri listrik, kawat akan berpendar memancarkan cahaya terang yang akhirnya bisa digunakan sebagai bahan dasar lampu pijar. Selain itu bila listrik dialirkan pada bahan yang bersifat menghambat, maka akan terjadi pelepasan energi panas. Ini seperti yang terjadi pada setrika. Pada benda lainya arus listrik mampu dirubah menjadi energi gerak seperti pada kipas angin, dan lain sebagainya. Maka dari itu banyak perusahaan yang ada sekarang ini Di Tanah Air terdapat beberapa macam pembangkit listrik berfungsi menghasilkan energi listrik yang akan digunakan oleh masyarakat, hingga memenuhi kebutuhan industri. Pembangkit yang paling umum kita kenal adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. Jelas bahan utama agar PLTA dapat berfungsi adalah ketersedian air sebagai pemutar turbin guna menghasilkan energi listrik. Kelemahan utama yang dihadapi oleh pembangkit listrik ini adalah jika musim kemarau tiba, ketersediaan air menjadi kurang. Kemudian ada PLTU, Pembangkit Listrik Tenaga Uap Bahan bakar utama PLTU adalah batu bara dan bahan bakar minyak. Tentunya biaya produksi listrik melalui PLTU lebih mahal ketimbang PLTA karena harus menggunakan bahan bakar batu bara dan minyak bumi. Lalu ada PLTN, Pembangkit Listrik Tenaga nuklir.

 

Di indonesia belum begitu eksis keberadaanya. Bahan dari PLTN ini merupakan nuklir yang digunakan sebagai bom atom yang dapat meledak sangat dahsyat dan menghasilkan radiasi yang berbahaya jika terkena bahan kimia tersebut. Tapi negara maju seperti jepang, rusia, ukraina dll menggunakan energi ini untuk menerangi negaranya. Dikarenakan memang lebih tahan awet dan ramah lingkungan bila di gunakan dengan benar. PERUSHAAN LISTRIK YANG ADA INDONESIA Suatu Perusahaan besar sebagai penyedia listrik untuk masyarakat adalah PT. PLN perusahaan BUMN ini memberikan banyak kontribusi yang besar dalam memasok kebutuhan listrik untuk masyarakat indonesia. Selaku perusahaan Listrik milik negara yang menangani masalah kepentingan listrik di indonesia dan jumlah pasokan listrik kepada masyarakat dalam jumlah yang sangat besar. Maka dari itu Tujuan dari ada nya perusahaan listrik ini di maksudkan agar bangsa indonesia memiliki pasokan listrik yang cukup memadai sehingga dimaksudkan untuk memajukan indonesia dari segala aspek bidang apapun. Persoalan lain yang menjadi tantangan adalah ketersediaan sumber daya manusia yang handal . Ini merupakan peluang bagi perguruan tinggi di Indonesia dengan menyiapkan program studi ekplorasi panas bumi .

 

Contoh dari perusahaan BUMN di indonesia yaitu Pertamina dapat mempelopori atau bekerja sama mendorong berdirinya sekolah khusus untuk mencetak tenaga yang handal dan menjadi pusat pembelajaran pengelolaan energi panas bumi di seluruh dunia. Jika Soekarno –Hatta pendiri bangsa ini mengatakan jangan tanya apa yang telah bangsa ini berikan kepadamu, namun tanyalah apa yang telah kamu berikan untuk bangsa ini. Maka ketika kita balik bertanya apa yang telah mereka berikan kepada kita, mereka akan menjawab ,”sebuah republik kalau kamu bisa menjaganya”. Republik ini sangat kaya dan memiliki potensi besar untuk terus tumbuh dan berkembang sejajar dengan bangsa lain yang ada didunia. Untuk itu kedaulatan energi adalah harga diri bangsa yang harus diwujudkan bersama dan tidak bisa ditawar lagi dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki.

Ada pula kita harus menggunakan pembangkit listrik tenaga surya. Di Indonesia sejarah perkembangan PLTS sudah dimulai sejak 1987, pada tahap awal tersebut BPPT dimulai dengan pemasangan 80 unit PLTS atau lebih spesifik lagi SHS (Solar Home System, system pembangkit listrik tenaga surya untuk lampu penerangan rumah) di desa Sukatani Jawa Barat.
Setelah itu pada tahun 1991 dilanjutkan dengan proyek bantuan presiden (banpres listrik tenaga surya masuk desa) untuk pemasangan 13445 unit SHS di 15 propinsi.
Program banpres listrik tenaga surya masuk desa juga telah memperoleh sambutan sangat menggembirakan dari masyarakat perdesaan dan telah terbukti dapat berjalan dengan baik akan dijadikan model guna implementasi program listrik tenaga surya untuk sejuta rumah.

Suatu perusahaan besar sebagai penyedia listrik untuk masyarakat adalah PT. PLN, dimana perusahaan listrik milik negara ini telah banyak memberikan kontribusi yang besar dalam memasok kebutuhan listrik untuk masyarakat. Selaku perusahaan milik negara yang menangani masalah kepentingan listrik di Indonesia, yang memberikan jumlah pasokan listrik kepada masyarakat dalam adalah yang sangat besar. Tentunya PT. PLN memberikan pelayanan sebagai upaya pasti dalam memberikan public service yang maksimal untuk kepentingan dan kemajuan bangsa. Masyarakat sebagai konsumen yang seakan merasa “ketergantungan” akan kebutuhan listrik memang tidak memiliki banyak pilihan dalam pemenuhan kebutuhan listrik selain PT. PLN.

 

Sumber:

Ir.Massing.MT pembangkit tenaga listrik . Course Note Jurusan Teknik Elektro. Samarinda. 2002.

http://aku-siti-istiqomah.blogspot.com/2012/06/pembangkit-listrik-tenaga-surya.html

Ir. E. jasjfi MSc, “Instalasi Pembangkit Tenaga Surya” , Penerbit Erlangga , Jakarta.

 

dienalj.wordpress..com/…/peran-warga-negara-dalam-mendukung-upaya.html

Obert, E.F..’’ Concepts of Thermodynamics” , McGraw-Hill Book Company, New York , 1960.

http://google.com

 

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: