Kemajuan Teknologi Voice synthesizer, Perfect 3D Motion dan Pengolahan Sinyal Menghadirkan Konser Hatsune Miku di Indonesia

6 Jun

Latar Belakang:

Kemajuan Teknologi digital, pengolahan sinyal dan teknologi Virtual semakin maju saja. tidak hanya di indonesia dan negara lainnya. di jepang justru menggunakan teknologi ini untuk membuat sebuah karakter virtual untuk menjadi “IDOL” yang baru.

Disini saya akan mengambil Contoh Hatsune Miku Seorang idol buatan dari jepang. Mulai dari pengolahan sinyal suara. hatsune miku di voice provider-kan oleh Saki Fujita yang merupakan seorang penyanyi dan pengsi suara di anime dan berbagai permainan elektronik jepang ini sangat luar biasa dimana dibuat sekumpulan sample suara yang samadengan teknologi canggih keluaran Yamaha yang terkini “vocaloid(Voice Synthesizer) dapat mengubah suara tersebut menjadi bernada dan memiliki lirik lagu sehingga menjadi sebuah lagu yang indah.

Motion Tech. dengan teknologi kamera pembaca titik gerakan motion, serta perpaduan dancer professi9nal dan koreografer yang jenius. menghasilkan suatu perpaduan yang membuat hatsune miku menjadi seperti manusia sungguhan.

perpaduan banyak teknologi diatas membuat konser Hatsune Miku 2014 yang diadakan INDONESIA bulan mei lalu, telah membuat hasil yang sangat luar biasa.

Tulisan:

Crypton Future Media
Karakter Hatsune Miku saat tampil dalam konsernya di gelaran

Impian para penggemar Hatsune Miku akhirnya jadi kenyataan. Tokoh virtual asal Jepang ini hadir menyapa penggemarnya dalam event bertajuk Hatsune Miku Expo in Indonesia 2014″, di Jakarta Convention Center, Rabu (28/5) malam.

Hadirnya Hatsune Miku juga terbilang spesial, lantaran Jakarta menjadi kota pertama dilangsungkannya Hatsune Miku Expo. Berbagai hal menarik dihadirkan di acara ini. Di Miku Expo pengunjung bisa mendatangi aneka booth di tempat yang memenuhi ruangan cenderawasih.

Booth yang tersedia diantaranya origami, nail art, foto cosplay, bahkan terdapat booth yang memungkinkan pengunjung mencoba software ‘Hatsune Miku  V3’.

“Yang tak kalah spesial adalah patung Miku dengan ukuran lifesize yang langsung diterbangkan dari Jepang. Jakarta merupakan kota pertama yang dikunjungi patung tersebut di luar Jepang,” kata Hiroyuki Itoh, CEO Crypton Future Media.

Selain itu, yang paling ditunggu tentunya konser Hatsune Miku. Tadi malam adalah show pertama Hatsune Miku dalam dua hari eventnya di Jakarta.

Di atas panggung, terdapat layar besar sebagai background. Sementara di tengah panggung terdapat layar transparan yang berfungsi menangkap cahaya dari beberapa proyektor di belakangnya. Disitulah nantinya karakter Hatsune Miku akan muncul.

Konser dimulai tepat pukul 19.30 WIB, diawali dengan permainan musik dari band yang akan mengiringi Hatsune Miku dan tata cahaya panggung yang mengesankan.

Saat penonton mulai bersorak dan menggerakkan light stick, saat itu pula cahaya pangung berubah menjadi merah muda, dan layarpun dipenuhi kelopak bunga sakura.

Ya, lagu pembuka adalah ‘Senbonzakura’ yang kental dengan budaya Jepang. Gerakan Miku yang begitu halus layaknya gerakan manusia, bahkan gerakan rambut dan pakaian yang bergerak sesuai gerakan tubuh, membuat penggemar yang memenuhi ruangan begitu terkesima. Belum lagi efek bunga sakura yang mengelilingi Miku, menambah apik aksi panggungnya.

Pertunjukan dilanjutkan, dan Miku tak sendiri. Karakter vocaloid lainnya ikut memeriahkan konser malam tadi. Diantaranya Kagamine Rin dan Len, Megurin Luka, Kaito, juga meiko. Setiap karakter memiliki ciri khas masing-masing yang terdengar dari jenis lagu mereka.

Setelah menyapa penonton dengan bahasa Jepang di awal pertunjukan, penonton dikejutkan saat miku berkata “Miku juga bisa bahasa Indonesia loh” dan dilanjutkan dengan menyanyikan satu lagu berbahasa Indonesia.

Kejutan tak berhenti disitu, efek panggung dengan kembang api dan confetti turut memeriahkan suasana.

Penonton terbawa suasana, gerakan light stick dengan kompak disesuaikan dengan beat lagu. Tak sedikit di antara penonton yang hafal gerakan koreografi miku, ikut menari saat konser berlangsung.

Setelah encore, konser berdurasi 2,5 jam itu pun ditutup dengan lagu mellow dan diakhiri Miku yang membungkuk sambil mengucapkan “Arigatou..”.

 

Referensi:

http://google.com

http://vocaloid.wikia.com/wiki/Hatsune_Miku

http://www.republika.co.id/berita/senggang/asia-pop/14/05/29/n6b5zx-perjalanan-panjang-hatsune-miku-ke-panggung-konser

http://en.wikipedia.org/wiki/Saki_Fujita

http://vocaloid.wikia.com/wiki/Saki_Fujita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: