Tata Cara Penulisan dan Etika Menulis di Internet

5 Okt

Mungkin semua orang sudah tau apa itu internet.
Tentu saja~ zaman sekarang gak kenal keterlaluan yah haha. Setiap orang dapat menulis atau memberikan informasi melalu internet contohnya mirip dengan blog ini,menuliskan pelajaran,membuat artikel atau makalah DLL. Tapi tahu kan bukan sembarangan orang menulis di internet, ada tata cara penulisan dan etika menulis di internet, apa aja itu ?
akan saya bahas dalam blog ini,semoga bermanfaat🙂

Tampilan karya menarik (tidak terlalu kaku)

Menulis artikel di blog-blog merupakan suatu ide dan pemikiran dari kita sendiri, tentunya tidak akan sama dengan karya orang lain. Hasil karya tulisan atau artikel kita akan semakin baik apabila ada yang mengomentari tulisan kita, karena dengan semakin banyak orang berkomentar maka tentunya tulisan kita juga akan semakin terkenal . Oleh sebab itu, jangan terlalu kaku dalam membuat suatu karya tulis, dan juga berusaha unuk menampilkan suatu tampilan yang menarik sehingga orang lain akan terlihat terhibur dan tertarik ketika membaca tulisan kita.

. Tidak mengandung SARA

Masalah SARA (Sosial, Adat, Ras Dan Agama) sangat rentang menimbulkan pertentangan yang akan berakibat buruk apalagi ditulis dalam media online yang bersifat mudah menyebar. Pemahaman orang tentang hal ini tentu saja berbeda-beda berdasarkan latar belakang orang yang membacanya. Keanekaragaman pemikiran tersebut akan menyulut masalah SARA yang ditulis dalam suatu blog menjadi masalah yang serius dan susah terkendalikan. Sehingga kita harus benar-benar dalam menyampaikan ini semua, karena jangan sampai rangkaian huruf dapat menjadi bom waktu yang dapat meledakkan kerukunan bangsa kita.

Biasakan mencantumkan sumber tulisan yang diambil pada tulisan anda

Pada dasarnya hal ini adalah suatu kesadaran moral sesorang untuk mencamtukan dasar dari sumber penulisan yang dibuat, karena jika tidak mencantumkan sumber maka sama saja disebut dengan plagiatisme. Suatu tulisan yang terdapat sumber berasal maka menandakan bahwa tulisan yang dibuat dapat dibuktikan kebenarannya dan akan meningkatkan kepercayaan para pembaca. dan sumber yang kita copas tidak marah kepada kita tentunya karena copas sembarangan dan tidak mencantumkan sumber yang kita copas tersebut.
Mudah di mengerti

Disini kita tentunya berusaha sebaik mungkin agar bahasa yang digunakan dalam tulisan mudah di mengerti oleh para pembaca blog-blog kita nantinya.Oleh sebab itu, jangan menuliskan bahasa yang sulit dipahami dan dimengerti. Hal tersebut dapat mengurangi daya tarik dan minat dari pembaca yang mengunjungi website kita. seperti anak gaul sekarang menuliskan kata-kata alay yang sulit di mengerti, dengan mengabungkan huruf dan angka,huruf capital dan kecil di gabungkan menjadi satu. jangan sesekali memakai tulisan tersebut karena tak ada orang normal yang bisa membacanya dan terlebih lagi membuat pembaca lari ketakutan haha..
Menggunakan Inisial beserta bukti otentik

Pada saat penulisan suatu kasus yang belum pasti kebenarannya, sebaiknya nama orang yang terkait dengan kasus tersebut diinisialkan. Dan saat menuliskan suatu kasus dalam suatu internet jangan lupa menyertakan bukti-bukti yang otentik seperti foto, link tulisan sumber atau berkas pendukung lainnya.supaya orang lain percaya akan informasi tersebut dan bukan HOAX ( pemberitahan palsu)

Harus sesuai etika dan norma-norma

Penulisan terhadap suatu artikel haruslah sesuai dengan norma-norma kesopanan, karena dengan memperhatikan hal ini maka tentu akan banyak pembaca yang nantinya akan menyukai isi dari buah tulisan kita yang melakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan cara mengkritik ataupun memberi saran ke blog ataupun website kita. Dan saya mintak kalau bisa kasih kritik dan saran anda pada blog saya jugak haha.
Jangan menulis dengan huruf kapital.
Ini jugak penting,ketika kita menuliskan suatu artikel atau informasi jangan menggunakan huruf capital atau huruf besar semua, yang dalam etika di indonesia huruf capital itu makna nya adalah orang yang lagi marah-marah. masak kita memberikan informasi dengan marah-marah, yang ada pembaca pada lari semua.

Penentuan Kata Kunci (keyword) yang tepat sesuai tujuan tulisan

Sering kali orang menetukan kata kunci dari penulisannya tidak sesuai dengan tujuan penulisan itu dibuat, ini dilakukan biasanya hanya untuk meningkatkan rating blog reader agar blog tersebut lebih populer. Hal ini akan mengganggu atau bahkan membuang-buang waktun pembaca saja yang mungkin sedang mencari bahan tulisan sesuai kata kunci yang dicari. Maka dari itu buatlah kata kunci yang sesuai dengan tulisan yang anda buat.

Tulisan berisi kondisi yang sebenarnya (apa adanya)

Dalam penulisan di internet sudah seharusnya menulis sesuai dengan apa yang terjadi, tidak boleh melebih-lebihkan suatu tulisan yang dapat merugikan bahkan menyakiti sesorang. Penulis juga harus mengusahakan untuk tidak berbohong agar kepercayaan para pembaca tidak menurun.
Dapat memberi inspirasi

Buatlah suatu karya tulis yang isinya menarik dan memberikan suatu inspirasi untuk kepentingan umum, mungkin dengan adanya inspirasi dari kita akan membuat suatu perubahan yang lebih baiik ke depannya. Hal ini akan membuat si pembaca merasa terkesan dan juga akan memberikan dampak yang positif bagi orang lain yang membacanya.

Itulah tata cara penulisan di internet🙂 semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi anda yang membaca,kalau ada salah penulisan mohon di maafkan saya juga manusia hahaha.. jangan lupa tinggalkan kritik dan saran dan kalau mau copas catumkan blog saya yah, makasih🙂

sumber :
http://thiarramadhannurlail.blogspot.com/2012/10/tata-cara-dan-etika-menulis-di-internet_9.html
http://ivon92.wordpress.com/2012/10/31/etika-dan-tatacara-penulisan-dalam-blog-secara-benar/
http://aprasetyaa.blogspot.com/2012/11/etika-dan-tata-cara-menulis-di-internet.html
http://shabody.blogspot.co.id/2014/03/tata-cara-atau-etika-penulisan-di.html

and: http://www.google.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: