Perangkat (Media) Pembuatan Multimedia

11 Apr

Untuk Membuat Multimedia, Aplikasi Multimedia dibutuhkan perangkat keras (Hardware) dan juga peramgkat lunak (software).

. Tetapi untuk membuat multimedia yang baik dituntut untuk mempunyai ide, bakat, dan keahlian juga suatu tim yang dapat mengorganisasikan kegiatan pembuatan multimedia. Aplikasi multimedia tidak dapat dikerjakan satu orang, untuk itu dibutuhkan suatu tim untuk membuat multimedia seperti seniman grafis, penyunting video, penyunting suara, pembuat animasi dan programmer. -RIo Gumelar

– Hardware:

Adapun beberapa sistem yang digunakan untuk pembuatan Aplikasi Multimedia, Terdiri dari :

  1. Perangkat Keras
  2. Video Board
  3. Sound Card
  4. Scanner
  5. CD Room

Berikut penjelasannya:

1. Perangkat keras

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

 

2. Video board

Pengertian video card ( yang dalam bahasa indonesia disebut kartu video atau dikenal sebagi kartu layar, kartu grafis atau adaptor grafis)  menurut wikipedia bahasa inggris  adalah sebuah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar yang di layar. Berbagai fungsi yang ditawarkan oleh kartu grafis kebanyakan seperti rendering percepatan adegan 3D dan grafis 2D, TV output, MPEG-2/MPEG-4 decoding, atau kemampuan untuk menghubungkan beberapa monitor (multi monitor). Mungkin kamu pernah mendengar yang mengatakan bahwa kartu grafis sama dengan VGA, padahal VGA itu merupakan salah satu komponen yang ada pada kartu grafis.

 

3. Sound card

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap darikomputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer.

 

4. Scanner

Scanner atau Pemindai merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

 

5. CD ROM

CD-ROM  merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai  700MB atau 700 juta bita CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE  dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive. Pada CD ROM terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD RW juga biasanya  dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD R seccepat 12x, membakar pada CD RW secepat 8x, dan membaca CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x.

Perkembangan Multimedia

Dulu Multimedia hanya mencakup pada suara dan text saja tapi sekarang multimedia telah berkembang dengan adanya televisi dan koputer melalui dua media tersebut kita dapa menikmati multimedia secara langsung dan menarik minat banyak orang, dan bahkan multimedia semakin berkembang seperti sekarang ini dengan adanya internet yang dimana kita dapat berhubungan dengan sanak famili kita yang ada tempat yang jauh.

Morgan Stanley menyebutkan bahw untuk mencapai 50 juta penduduk Amerika radio membutuhkan waktu 38 tahun, televisi membutuhkan 13 tahun, TV kabel membutuhkan waktu 10 tahun dan internet membutuhkan waktu 5 tahun. Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet, maka multimedia merupakan pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia saat ini.

 

– Software

  1. Perangkat Lunak
  2. Video Streaming
  3. VOIP
  4. Encoder
  5. MPEG 4

1. Perangkat Lunak (Software)

Perangkat Lunak Sistem adalah perangkat lunak atau software yang berhubungan langsung dengan komponen perangkat keras komputer (Hardware), perawatan, maupun pemrogramannya.

 

2. Video streaming

Video Streaming adalah sebuah komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan sebuah gambar, video streaming bukan hal yang baru bagi kita di tanah air (Indonesia), sejak munculnya 3G (Generasi ke Tiga) pada sebuah telephone seluler video streaming bagaikan jamur bertumbuhan dimana-mana, hingga kepelosok tanah air.

 

3. VOIP

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

 

4. Encoder

Encoder adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengkodekan data input menjadi data bilangan dengan format tertentu.Encoder dalam rangkaian digital adalah rangkaian kombinasi gerbang digital yang memiliki input banyak dalam bentuk line input dan memiliki output sedikit dalam format bilangan biner. Encoder akan mengkodekan setiap jalur input yang aktif menjadi kode bilangan biner. Dalam teori digital banyak ditemukan istilah Encoder seperti “Desimal to BCDEncoder” yang berarti rangkaian digital yang berfungsi untuk mengkodekan line input dengan jumlah line input desimal (0-9) menjadi kode bilangan biner 4 bit BCD (Binary Coded Decimal). Atau “8 line to 3 line Encoder” yang berarti rangkaian Encoder dengan input 8 line dan output 3 line (3 bit BCD).

 

5. MPEG 4

MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEGISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CDvideophone, dan televisi broadcast.

Berikut adalah Contoh beberapa Aplikasi untuk membuat multimedia yang menarik:

1. ​POWTOON – Untuk Menciptakan Seluruh Kategori Baru Persentasi

Ketika datang untuk menyajikan dan membuat presentasi, PowToon Ltd berhasil menciptakan kategori baru dari presentasi. Lupakan poin-poin, template, dan file di komputer Anda. PowToon Ltd adalah alat online yang memungkinkan pengguna (PC atau Mac) untuk dengan mudah membuat cerita animasi untuk presentasi atau video yang menjelaskan. Slide hanya digunakan untuk mengelola konten sekaligus menciptakan presentasi yang, ketika di layar, memberikan kemudahan untuk memahami narasi. Jika Anda adalah pengguna Google Drive merasa senang karena PowToon Ltd terintegrasi dengan sangat baik dengan itu. PowToon Ltd besar dengan kelebihan dalam suara, dan memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan script kualitas tinggi dengan karakter animasi yang fantastis.
 
 

2. SlideRocket – PowerPoint Alternatif yang Profesional

like powerpoint but free
SlideRocket adalah sebuah aplikasi presentasi berbasis web. SlideRocket menawarkan pilihan bebas terbatas dengan kemampuan untuk mengimpor dari PowerPoint dan ekspor ke PDF. Harga yang lebih tinggi dilengkapi dengan banyak fitur termasuk kolaborasi tim penjualan dan lebih, yang cukup unik. Efek transisi slide tampak hebat pada layar dan menyerupai flash lebih daripada PowerPoint. Anda juga dapat mengintegrasikan konten dari situs seperti Flickr dan YouTube, serta memanfaatkan plug-in di masing-masing dari presentasi Anda. Jika Anda ingin grafis yang hebat dan banyak template, dan bersedia membayar ketika saatnya tiba, ini mungkin menjadi pilihan yang benar-benar baik untuk Anda. Ini masih slideshow, tapi benar-benar, benar-benar tampan satu.

3. Prezi – No Slides PowerPoint Alternative

alternatives to powerpoint
Prezi menjadi sangat populer karena adalah yang pertama untuk menawarkan alternatif yang nyata untuk format slideshow khas presentasi. Ini masih pilihan terbaik untuk apa yang kita sebut “presentasi non-linear”. Jika Anda perlu untuk melompat di sekitar banyak ini adalah pilihan yang baik karena Prezi memungkinkan presenter untuk melompat ke setiap bagian dari presentasi dengan mudah (seperti PowerPoint dimana pengguna perlu untuk kembali atau balik satu slide pada satu waktu).
4. Haiku Deck (Web, iOS
Gunakan di Web atau melalui sebuah aplikasi iPad-specific untuk membuat beberapa slide sangat baik dirancang untuk presentasi berikutnya, atau karena mereka lebih suka menyebutnya, “cerita” Anda berikutnya dan dapat masuk dengan akun Facebook atau Twitter.
Sebagai negara dalam dek pengantar slide, Haiku Deck adalah mengusir 33 persen kesederhanaan, 33 persen kecantikan, dan 34 persen menyenangkan (menyenangkan seperti prepping untuk pertemuan dapat, anyway). Haiku Deck menekankan penggunaan seni dan citra, membuatnya menjadi keharusan bagi desainer tetapi memberikan akses ke 35 juta karya seni.  .
Setelah Anda selesai membuat Deck Haiku, menunjukkan itu adalah paling mudah dengan iPad, tapi deck juga disematkan ke dalam situs (lihat dek bawah sebagai contoh). Mereka juga dapat diekspor ke PowerPoint dan KeyNote format, meskipun Haiku Deck lebih suka Anda mempublikasikan dek Anda di situs mereka, sehingga publik (yang terbaik dari mereka berakhir di Haiku Deck Gallery), tetapi Anda dapat membatasi penonton atau membuatnya benar-benar pribadi seperti yang diinginkan.


5. SlideDog (Windows)

Oh you SlideDog (mengerti maksudnya?). Perangkat lunak Windows ini tidak sepenuhnya untuk membuat presentasi, tetapi melakukan sesuatu yang berbeda dengan mendukung beberapa jenis file presentasi dan format lain (seperti PDF, file Prezi, video, gambar, Anda nama itu). Anda menyeret mereka semua ke SlideDog dan menyusun ulang mereka untuk membuat “presentasi playlist” yang dapat memainkan sekaligus, atau seperti yang Anda perintahkan.
6. emaze (Web)
Alat presentasi lain berbasis web yang menyimpan auto-dan tampak hebat? Terdengar asing, namun emaze juga melempar dalam beberapa “3D” template, jadi ketika Anda mengganti teks tempat-pemegang Anda akan mendapatkan efek visual yang bagus. Seluruh situs dibangun pada HTML5 sehingga tidak ada masalah Flash, dan bekerja pada browser Web dari perangkat apapun, dari PC ke ponsel.
7. Impress (Windows, Mac, Linux
Sekali waktu, Impress adalah alat presentasi OpenOffice.org. Tapi sekarang OoO, seperti yang disebut, sudah mati, open-source office suite telah bercabang ke suite lainnya termasuk Apache OpenOffice dan LibreOffice. Dan keduanya termasuk Impress, pencipta slide-deck gratis dengan penuh kompatibilitas PPT. Semua aplikasi suite (Anda tidak bisa mendapatkan secara terpisah) pada dasarnya terlihat dan bertindak seperti Microsoft Office dari satu dekade lalu. Dan itu bukan hal yang buruk, tetapi Anda tidak akan mendapatkan video atau foto editing mewah.

 

 

Sumber Referensi:

http://riogumelar27.blogspot.co.id/2015/03/perangkat-pembuatan-aplikasi-multimedia.html

https://books.google.co.id/books?isbn=9797630617

https://iblisbernyawa.wordpress.com/2014/04/17/perangkat-media-pembuatan-aplikasi-multimedia/

http://software.10terbaik.com/2014/07/5-software-presentasi-terbaik-pengganti.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: